Everything is here and only for you

Sunday, 14 February 2016

Tujuh Langkah Memulai Bisnis



Buku kewirausahaan,Tujuh Langkah Memulai Bisnis.Kewirausahaan, terutama bisnis kecil dan menengah, merupakan bagian penting dalam perekonomian Indonesia. Krisis moneter 1997/1998 telah membuktikan bahwa bisnis kecil dan menengah lebih mampu bertahan dalam badai krisis dibanding perusahaan besar. Tentu saja masih segar di ingatan kita, bagaimana sekitar 12 tahun silam, perusahaan besar tumbang karena harus berhadapan dengan pembayaran utang yang berdenominasi mata uang asing. Di sisi lain, bisnis kecil dan menengah relatif tidak memiliki utang dalam bentuk dolar sehingga relatif mampu menopang perekonomian nasional.


Saat ini, proporsi wirausaha di Indonesia hanya 0,38% dari total populasi. Bandingkan dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura yang sekitar 3% dan 7% dari populasinya adalah pengusaha. ldealnya, Indonesia membutuhkan 2% dari populasi sebagai wirausaha untuk bisa mencapai kemakmuran bangsa.

Salah satu bentuk komitmen Indonesia memajukan kewirausahaan adalah dengan menobatkan tahun 2011 sebagai tahun kewirausahaan Indonesia. Salah satu bentuk konkretdari komitmen ini,lndonesia menjadi tuan rumah ASEAN Regional Entrepreneurship Summit yang diadakan di Bali pada Juli 2011. Acara ini merupakan momen yang penting karena mampu mempertemukan angel investor dan pemodal ventura dari Amerika Serikat dengan berbagai pengusaha muda di Indonesia.

Sebagai salah satu pemenangEntrepreneur Delegation Showcaseyang diadakan oleh Global Entrepreneurship Program Indonesia, saya memperoleh kesempatan berinteraksi langsung dan mendapat nasihat bisnis yang berharga dari pengarang buku ini yang merupakan salah satu dari 12 delegasi pengusaha AS yang datang ke Indonesia menghadiri acara tersebut.



No comments:

About Us

Recent

Random