Everything is here and only for you

Thursday, 18 February 2016

5 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Ramadan



Banyak peristiwa sejarah penting, justru terjadi ketika bulan Ramadhan berlangsung. Jadi kalaupun ada anggapan, Ramadhan bulan yang tidak produktif dan berprestasi? Hal tersebut tidak tepat. Ramadhan adalah bulan yang penuh rakhmat, di bulan ini pula Al-quran diturunkan. Jadi bagi umat muslim, momentum Ramadhan menjadi begitu berkesan dalam melakukan banyak hal. Berikut 5 peristiwa besar sejarah yang terjadi di bulan Ramadhan seperti yang dikutip dariold.uniknya.com:

1. Dua Kemenangan Islam di Perang Badar dan Fathu Makkah

Pada bulan Ramadhan terjadi dua peristiwa besar dalam sejarah awal umat Islam. Peristiwa itu adalah dua perang besar yang dimenangkan oleh umat Islam. Peristiwa pertama perang Badar, dan peristiwa kedua Fathu Makkah (Pembebasan Makkah).

Perang Badar terjadi pada 17 Ramadhan 2 H/624 M. Inilah peperangan pertama yang dilakukan kaum Muslim melawan kaum kafir Quraisy dari Makkah setelah hijrah ke Madinah. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan pihak Muslimin. Padahal dalam perang tersebut, jumlah tentara muslim sangatlah sepertiga dari tentara kafir Quraisy. Belum lagi keadaan kaum Muslim ketika itu sedang melaksanakan ibadah shaum Ramadhan. Sedangkan Fathu Makkah atau pembebasan kota Makkah terjadi pada tahun Ramadhan 8 Hijriah/ 630 M. Baca juga tentang perang parit (khandak)disini


BACA SELENGKAPNYA DI http://www.kwikku.com/angita/post/1359187

No comments:

About Us

Recent

Random