Everything is here and only for you

Tuesday, 1 December 2015

Sumber Inspirasi Bagi Web Designer





Sumber Inspirasi Bagi Web Designer Sebagai web designer inspirasi menjadi hal penting dalam proses design. Setiap designer pun pasti pernah mengalami kebuntuan dalam mendapatkan ide untuk dituangkan dalam pekerjaannya. Sementara web designer sendiri menghadapi kendala waktu di dalam proses pekerjaanya yakni deadline. Tidak jarang ide justru datang pada saat-saat krusial, namun sayang ide memang tidak bisa kita paksakan untuk datang menghampiri sesuai dengan yang kita inginkan.
Seringkali kita tidak punya ide, namun yang bisa kita lakukan sebagai designer adalah merangsang ide tersebut dengan inspirasi kita dapat. Inspirasi ini bisa kita dapatkan dari banyak hal di sekeliling kita. Namun jangan terburu buru dengan membukaonline web gallerydengan tujuan mendapatkan inspirasi, lalu dengan mudahnya mengcopy-pastestyle di website tertentu pada website yang akan kita buat. Tentu bukan demikian yang dimaksudkan dengan inspirasi, namun dengan menangkap inspirasi tersebut kemudian mengelolanya menjadi ide lebih lanjut untuk dituangkan menjadi sebuah design.
Pada artikel ini saya coba menjelaskan apa saja yang bisa kita jadikan sebagai sumber inspirasi yang ada di sekeliling kita di luar website.

Majalah

Majalah adalah media cetak yang sarat akan grafis seperti iklan, layout dan foto. Banyak yang bisa kita jadikan inspirasi dari hal tersebut di atas. Secara umum majalah dan website didesain menggunakan prinsip-prinsip graphic design. Sehingga walaupun majalah adalah media cetak, web adalah media online bukan berarti kedua media tersebut berbeda sama sekali. Pada hal-hal tertentu mereka berbeda, namun untuk banyak hal mereka mempunyai kesamaan. Pada majalah kita bisa mencari inspirasi dari layoutnya, pemilihan font, kombinasi warna, komposisi, focal point, negative space.
Kita juga bisa mempelajari mengapa suatu majalah lebih menarik secara visual daripada majalah lainnya, apakah disebabkan oleh cover majalahnya yang menarik, apakah kombinasi font yang pas, apakah karena layout yang lebih tertata, atau karena dilengkapi dengan foto yang bagus. Ini bisa kita jadikan sebagai studi kasus untuk bisa kita aplikasikan di web design.

No comments:

About Us

Recent

Random