Everything is here and only for you

Monday 19 October 2015

5 Jenis Judul Artikel Yang Menarik Pembaca Blog (Plus Ide Merancangnya)





Tujuan menulis artikel - apapun, termasuk tujuan menulis artikel blog - adalah menyampaikan isi pikiran, ide, gagasan, pengaruh, wacana, dan beragam lainnya. Salah satu tolok ukur keberhasilan yang paling mudah dilihat adalah jumlah pembaca atau berapa kali artikel karya anda dibaca. Nah berapakah angka yang anda target? Ratusan? Ribuan? Atau bahkan jutaan? Tentu merupakan pertanyaan klise, sebab sudah sangat pasti jawabannya adalah: Sebanyak-banyaknya!

Dalam beberapa kasus, banyak artikel blog cuma mampir publikasi dan akhirnya hanya menjadi koleksi yang sekedar menambah jumlah posting lantaran memiliki daya baca (readership) rendah. Banyak faktor yang menentukan daya baca tersebut; diantaranya adalah: kualitas isi, kebutuhan pembaca (demand), format dan gaya penulisan artikel, publikasi (social media, dll), optimasi di search engine (SEO), dan lain sebagainya.

Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, namun sebenarnya menyumbang persentase besar dalam hal ketertarikan pembaca. Apa itu? Headline, ya headline, atauuuu... yang biasa kita sebut judul artikel blog. Sedemikian besarkah pengaruhnya? Ya. Ibarat rumah, judul artikel adalah pintu gerbang. Headline atau judul merupakan ringkasan sangat singkat dari apa yang akan diulas di dalam artikel. Pengunjung atau pembaca mengambil keputusan apakah dia akan membaca atau tidak berdasarkan informasi yang dia dapat dari judul artikel tersebut. Banyak sekali artikel berkualitas akhirnya sia-sia ditulis lantaran tidak memiliki headline yang atraktif. Ini karena penulisnya mengesampingkan perancangan judul artikel/headline yang amat sangat penting.


No comments:

About Us

Recent

Random