Everything is here and only for you

Thursday, 22 April 2010

Cara Menjaga Kesehatan Pikiran

Saya punya tips agar kesehatan pikiran kita terjaga, agar kita dapat buat rencana yang berbobot di tahun ini.


1. JALANI GAYA HIDUP SEHAT
seimbangkan manu makanan anda. Cukupkan istirahat. Berolahragalah secara teratur. Perhatikan jam kerja anda. Jauhi hal-hal yang membuat diri anda usang misalnya alkohol, merokok, bekerja tak kenal lelah, begadang sepanjang malama. Dengan demikian anda merawat tubuh sekaligus pikiran anda sebaik-baiknya.

2. CIPTAKAN HUBUNGAN SEHAT ANTARA SESAMA
hubungan yang sehat selalu dilandaskan saling dukung, kasih sayang dan memaafkan. Percayakah anda bahwa salah satu cara mengatasi stres adalah berhubungan dengan orang-orang yang kita cintai? Ini membuat hidup terasa indah. Dengan berhubungan secara harmonis kita menjaga pikiran positif kita pada lingkungan, pergaulan dan kehidupan secara keseluruhan.

3. GERAKKAN PIKIRAN ANDA KE ARAH-ARAH BARU
pikiran yang sehat adalah pikiran yang selalu aktif bergerak dan penuh minat mempelajari hal-hal baru. Pikiran yang mandeg, sebagaimana air, mudah busuk. Maka, pelajari hal-hal baru, tumbuhkan minat pada orang lain. Ini merangsang kreativitas dan gairah anda.

4. BEKERJALAH SEBAIK MUNGKIN
kita menemukan makna peran kita di kehidupan ini dengan bekerja, berkarya dan berupaya mewujudkan sesuatu penuh daya cipta. Orang yang bekerja adalah orang yang optimis bahwa segala sesuatu dalam hidup ini selalu bergerak menuju perbaikan dan penyempurnaan. Hanya orang yang berpikiran sehatlah yang mampu memberikan hasil kerja yang positif.

5. MAAFKAN DAN SADARI KETERBATASAN PIKIRAN
pikiran bukan satu-satunya alat untuk jawaban semua persoalan. Seringkali kita harus mengerahkan kemampuan imajinatif, atau intuitif kita dalam memutuskan sesuatu. Dengan menyadari keterbatasan pikiran, anda justru menyehatkan pikiran anda sendiri.

6. BERMAIN, TERTAWA, DAN KEMBANGKAN HUMOR
orang yang matang secara kejiwaan ditandai dengan kemampuannya untuk mengembangkan humor yang sehat dan tertawa. Hidup ini tidak cukup dipandang terlalu serius. Tertawalah lebih serius lagi. Pertahankan kebugaran pikiran anda dengan bermain, bersenang-senang, dan menikmati keindahan.

7. BERDOA DAN REFLEKSIKAN DIRI
terakhir, jangan takut untuk menyendiri dan merefleksikan diri anda melalui kegiatan berdoa, meditasi atau relaksasi. Istirahatkan pikiran anda, temukan keheningan dan ketentraman melalui kegiatan ini. Anda bisa menemukan kekuatan baru disana yang bukan untuk melemahkan pikiran anda, namun untuk kejernihan pikiran anda.



SUMBER DARI:
BULETIN ELMAN1A membuka cakrawala ilmu & kreasi
Edisi 01/tahun I Januari 2009

2 comments:

kristiyana shinta said...

Setuujuu sama tipsnya, harus ditambah shopping hehehh

EXceed-imagination said...

hehehehe.... cz artikelnya q ambil dari buletin sekolahq

About Us

Recent

Random