Everything is here and only for you

Thursday 14 January 2010

apa itu plurk?


plurk, apapula tuh?
macem macem aja orang sekarang ngebikin social networking , tapi ratarata mirip sih.
nah ada lagi yang baru nih, namanya plurk . hmm..nama yang aneh, entah apa artinya. tapi ya gitu ga jauh beda dengan yang udah ada sekarang, seperti twitter pownce kronologger jaiku ; social networking dengan dengan micro-post .
sistem di plurk menggunakan sistem reward , yang diberi nama karma. jadi, ketika karma seseorang bertambah, maka kemampuan mem-personal-kan plurk nya juga semakin terbuka.
walhasil, karena menggunakan sistem karma, ada kemungkinan di 
abuse sama usernya. siap siap aja down kaya' twitter
design tampilannya menarik, ada backround image yang bisa dipilih. ada timeline . karena menggunakan ajax, makan resource lumayan. agak berat buat yang pengguna internet biasa (alias ga punya bandwidth lebar).dan ternyata plurk juga mempunya versi mobile nya,plurk.com/m jadi lumayan kalo mo posting micro-post [atau ngoment] nya bisa lewat henpon. tapi ya harus sign-up dulu.
Plurk (dengan besar) adalah sebuah situs jaringan sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berbagi dan berkomunikasi melalui plurk (dengan kecil). Sedangkan plurk sendiri adalah tulisan singkat, maksimal 140 karakter, dapat diformat secara standar (tebal, miring), dan dapat mengandung tautan. Sebenarnya ada dua jenis plurk, yaitu plurk induk dan plurk komentar. Di wiki ini, "plurk" saja biasanya merujuk pada plurk induk. Jangan terlalu terpaku pada pembedaan-pembedaan ini, hanya butuh waktu singkat bagi pengguna untuk tidak peduli. Yang penting ngeplurk!

“plurk adalah tempat untuk curhat dgn melakukan postingan singkat berdasarkan urutan waktu/ kronologi dimana dapat dishare bersama komunitas, plurk tempat berbagi pikiran, perasaan, suka duka & lainnya kepada teman yang terlink”

Sebagaimana jaringan sosial lainnya, para pengguna dipertautkan dengan ikatan "friend". Keistimewaan dari layanan ini yang belum pernah ditemukan dalam layanan jaringan sosial sebelumnya adalah plurk ditampilkan dalam bentuk timeline horizontal yang akan terus bergeser ke kiri seiring dengan berjalannya waktu.

Candu
Meskipun awalnya susah digunakan, lama-kelamaan akan semakin lancar. Bahkan bisa dibilang Plurk adalah sebuah candu baru. Banyak pengguna yang telah merasakan gejala-gejala kecanduan, dari yang paling ringan sampai yang paling akut

Respon
Respon ( response ) adalah plurk berupa komentar yang dituliskan di plurk yang sudah ada. Plurk yang ramai dengan komentar berpeluang besar memberikan tambahan karma bagi pembuatnya. Melihat kecenderungannya, ID-Plurker umumnya membuat komentar jauh lebih banyak dari pada plurk baru. Apakah ini hal yang buruk? Bagi ID-Plurker justeru inilah bagian yang paling menyenangkan, paling membuat kecanduan, dan membuat mereka makin cinta sama Plurk.

Karma
Setiap pengguna akan mendapatkan nilai karma sesuai dengan tingkat aktivitas mereka. Nilai karma bisa naik turun, berdasarkan aturan dan algoritma karma yang sudah ditentukan. Tentunya seiring dengan perkembangan, aturan ini akan terus berubah. Umumnya semakin sering anda membuat plurk karma anda bertambah. Jika plurk anda dikomentari, peluang mendapat karma lebih besar. Jika anda sempat absen beberapa hari, bisa dipastikan karma anda akan turun.

Daftar Pengguna
Belum diketahui jumlah pengguna plurk Indonesia seluruhnya, tapi dipastikan akan semakin bertambah. Demikian juga diharapkan agar pengguna wiki ini terus bertamabah. Pengguna plurk Indonesia tidak diwajibkan untuk bergabung ke ID-Plurk dan wiki ini. Namun bagi yang berminat untuk berbagi bersama dipersilahkan membuat akun. Dalam membuat akun, nama pengguna di wiki ini tidak harus sama dengan nama pengguna yang digunakan di plurk, meskipun sangat disarankan agar menggunakan nama pengguna yang sama. Setiap pemilik akun akan mendapatkan halaman pengguna. Dengan demikian, kita bisa menuliskan pengalaman pribadi berkaitan dengan pengunaan plurk di halaman pengguna masing-masing.

Serba-serbi plurk
Perubahan dan status perkembangan Plurk itu sendiri bisa di pantau di blog Plurk . Pengguna Plurk rupanya "kurang puas" dengan informasi yang ada di Plurk dan mereka berinisiatif untuk membuat sejumlah alat bantu yang mungkin bermanfaat  bagi pengguna lainnya. Beberapa di antaranya adalah:
  • Karma trends , menunjukkan statistik perubahan karma pengguna seiring waktu
  • Top plurkers , urutan pengguna berdasarkan jumlah karma, juga ada akses menuju daftar pengguna berdasarkan lokasi. misalnya Indonesia .
  • Plurktionary , situs komunitas berisi segala yang berhubungan Plurk, termasuk kamus (terminologi), tips dan trik, serta direktori Plurk
  • Plurkerati , situs dimana pengguna bisa mencari Plurk dan Plurk Response berdasarkan Keyword dan User.   Situs ini juga menampilkan beberapa statistik menarik, seperti misalnya Rasio Male vs Female, User by Age, dll.

Blogosphere
Blogger anggota ID-Plurk yang membahas Plurk

Laporan dan permintaan
Plurk adalah layanan yang sedang berkembang. Apa yang bisa dilakukan pengguna sejauh ini sudah sangat menyenangkan, bahkan sudah dapat menyebabkan kecanduan. Namun, masih saja terdapat kebutuhan lain yang bagi beberapa pengguna lain belum dapat dipenuhi, atau fungsi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, Wiki ID-Plurk menyediakan halaman permintaanuntuk menampung keluhan, laporan kesalahan, dan usulan dari ID-Plurker.

Menulis di Wiki ID-Plurk
Anda tidak harus memiliki akun di wiki ini untuk menulis, namun tanpa mengurangi rasa hormat, diharapkan agar yang berpartisipasi di sini adalah pengguna Plurk dan memiliki akun wiki. Seperti halnya wiki pada umumnya, aturan utamanya adalah: siapapun boleh menulis, mengubah, dan menghapus tulisan. Yang kami harapkan adalah partisipasi positif untuk saling berbagi. Jika Anda tidak ingin tulisan Anda dihapus atau diubah, jangan menulis sama sekali.
Tautan-tautan di bawah ini berhubungan dengan penggunaan Mediawiki sebagai penggerak wiki ini, tidak ada hubunganya dengan Plurk.
CSS
Tampilan profil dapat dirubah dengan CSS setelah mencapai karma 25. Modifikasi sintaks berdasarkan file CSS yang telah digunakan dalam theme sebelumnya. File CSS berikut didapat dari theme default:




No comments:

About Us

Recent

Random