Everything is here and only for you

Monday 28 December 2015

5 RUMAH ADAT PALING UNIK DI INDONESIA





Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku dan budayanya masing-masing, termasuk budaya mereka dalam membuat sebuah rumah adat. Meskipun sederhana, namun kenyataannya rumah adat berfungsi dengan sangat baik dan bahkan beberapa diantaranya memiliki fungsi yang tidak terdapat pada rumah modern sekarang ini. Selain bentuknya yang unik, daya tarik rumah adat juga terdapat pada tata ruang dan kegiatan tradisional yang masih dapat dilakukan disana tanpa tergerus arus kemajuan jaman.

Dan dibawah ini merupakan rumah adat yang dianggap banyak orang merupakan rumah adat yang paling unik dari sekian banyak rumah adat di Indonesia.

1. Mbaru Niang

Waerebo1.jpg
ranselkosong.com

Mbaru Niangmerupakanrumahadat yang berada diPulau FloresIndonesia. Rumah adat ini sangat unik, berbentuk kerucut, dan memiliki 5 lantai dengan tinggi sekitar 15 meter. Rumah adat ini sangat langka karena hanya tinggal beberapa, dan hanya terdapat di kampung adatWae Reboyang terpencil di atas pegunungan. Usaha untuk mengkonservasi Mbaru Niang telah mendapatkan penghargaan tertinggi kategori konservasi warisan budaya dariUNESCOAsia-Pasifik tahun 2012 dan menjadi salah satu kandidat peraihPenghargaan Aga Khan untuk Arsitekturtahun 2013.Great.



BACA SELENGKAPNYA DI http://www.kwikku.com/nadia/post/1346620

No comments:

About Us

Recent

Random